Sunday, January 18, 2009

Membuat animasi GIF dengan macromedia Fireworks

Banyak cara untuk membuat file animasi yang menarik, software profesional untuk membuat animasi paling populer untuk web adalah macromedia flash tetapi file yang dihasilkan adalah ekstensi .swf , anda membutuhkan beberapa langkah lagi untuk mengkonversi file swf menjadi file gif. Disini akan saya coba membuat animasi gif dengan menggunakan macromedia fireworks yang penggunaan softwarenya hampir sama dengan photoshop, software ini banyak digunakan untuk membuat banner - banner website selain banyak software langsung jadi yang menyediakan kemudahan sejenis, tergantung selera masing-masing user.


1.sebelum memulai coba siapkan beberapa file gambar yang akan anda proses menjadi animasi. sebagai contoh disini saya menggunakan 3 file gambar yang berbeda .



2.setelah pada deretan menu di atas klik menu modify - animation - animate selection. tulis nilai seperti terlihat pada gambar berikut



3.nilai frames bisa langsung anda tambahkan sesuai jumlah frame yang akan anda proses menjadi animasi, disini nilai frames saya beri1 karena saya menggunakan cara manual untuk menambahkan frames .

4.Rubah setinggan di baris Optimize pada kolom kanan seperti pada gambar diatas
5. untuk menanbahkan frames , pada baris frames kolom sebelah kanan bawah,klik icon New/Duplicate frame seperti terlihat gambar dibawah



6. sekarang saya sudah memiliki 2 frame, dimana frame 1 berisi file gamabar saya yang pertama dan frame2 masih kosong . Untuk menambahkan gambar di frame ke dua saya coba open file gambar saya yang kedua , dan saya copy paste ke layer baru saya.

7. Lakukan hal yang sama dengan menambahkan 1 frames lagi dan memanggil file gambar yang ke 3 . Berarti saya sudah memiliki 3 buah frame dan siap untuk di test
lihat gambar berikut



8. Untuk merubah time frame atau waktu perubahan antar gambar anda bisa mengklik nilai 7 pada kolom frames sebelah kanan bawah dan mengganti nilai yang anda kehendaki , semakin besar nilai yang anda masukan maka semakin lambat gerakan frame atau gerakan perubahan gambar

9. Setelah selesai anda bisa langsung menyimpan file dan langsung mengexport menjadi file gif. klik, file > export preview > rubah saved setting menjadi animated gif , laku klik button export pada bagian bawah



10. Dari proses diatas maka akan menghasilkan gambar seperti berikut




Selamat Mencoba
http://dibahas.blogspot.com



7 comments:

Kang Rudi said...

Wah.. Bagus nih tutorialnya.. Well done. Saluut.. Saya lagi mau mulai belajar nih mas.. Mohon petunjuknya yaa..

Anonymous said...

Siap kang rudi, any question langsung ditanyakan aja ...

Anonymous said...

haturnuhun kang

WWDQ (Rizal) said...

thanx gan atas infonya, ini yang ane cari2 buat PP di Kaskus :D

Download Movie said...

makasih gan lg da projeck sangat bermanfaat...

Anonymous said...

kalo sizenya besar, pas diexport ko ga gerak ya animasinya? padahal settingannya sudah sama

pemeliharaan mesin said...

maaf terlambat berkunjung

Post a Comment